Melakukan Perawatan Arsitektur Teknologi Data

Melakukan perawatan arsitektur teknologi data adalah melakukan kegiatan pemeliharaan, memonitor berjalannya arsitektur teknologi data yang telah diimplementasikan oleh suatu institusi/organisasi berdasarkan metrik tertentu serta pendokumentasian terhadap arsitektur teknologi saat ini atau saat ada perubahan tertentu. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan operasional arsitektur teknologi data yang telah diimplementasikan tetap berjalan sebagaimana mestinya dan jika ada perubahan maka akan terdokumentasi dengan baik. Arsitektur teknologi data mendefinisikan teknologi data yang dibutuhkan untuk mendukung kebutuhan bisnis.

Tahapan kegiatan ini mencakup namun tidak terbatas pada:

  1. mengidentifikasi arsitektur teknologi data yang akan dirawat/ dipelihara;
  2. memonitor dan memelihara arsitektur teknologi data yang telah diimplementasikan/sedang berjalan termasuk jika terdapat kerusakan pada item-item teknologi data pada arsitektur tersebut;
  3. mengidentifikasi perubahan arsitektur teknologi data; dan
  4. mendokumentasikan versioning dan log arsitektur teknologi data yang telah diimplementasikan/sedang berjalan serta perubahan arsitektur teknologi data berdasarkan kesesuaian dengan dokumen kebutuhan data organisasi.

Satuan Hasil : Dokumen perawatan arsitektur teknologi data

Angka Kredit : 0,055

Batasan Penilaian : Jumlah maksimum kegiatan perawatan arsitektur teknologi data dalam satu tahun adalah 12 kali.

Pelaksana : Pranata Komputer Mahir

Bukti Fisik :
Laporan perawatan arsitektur teknologi data mencakup namun tidak terbatas pada:

  1. Identifikasi sistem/perangkat yang sedang berjalan dan perubahan yang dilakukan, jika ada; dan
  2. Monitoring dan pemeliharaan sistem/perangkat yang sedang berjalan.

Contoh :
Dewi, A.Md, Seorang Pranata Komputer Mahir melakukan monitoring kapasitas storage dan penggunaan memory di datalake melalui ambari (perangkat monitoring lain), dan membuat laporannya. Kemudian, atasannya meminta melakukan penyesuaian terhadap kapasitas server untuk sistem-sistem yang ada. Untuk kegiatan di atas, monitoring dan perawatan server, Dewi mendapatkan angka kredit sebesar 2 x 0,055 = 0,110.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *